Senin, 24 September 2018

Subhanallah, Bahkan Para Peneliti Dunia Pun Dibuat Bingung Gempa di Palu Bisa Sebabkan Tsunami


insure
insurance agent
general insurance
car insurance australia
life insurance
allstate insurance
texas auto insurance
the personal insurance
insurance agents
car insurance quotes
travelers car insurance
cheap auto insurance
progressive auto insurance
cheap car insurance uk
online auto insurance
insurance quotes online
liability insurance
nj auto insurance
property insurance
auto insurance michigan
car insurance nj
home insurance
best insurance companies
best insurance
insurance quotes
term insurance
car insurance california
compare insurance
insurance
insurance auto auction
car insurance uk
cheap car insurance quotes
car insurance calculator
insurance company
car insurance companies
health insurance
motorcycle insurance
cheap insurance
car insurance quotes online
insurence
car insurance online
cheap car insurance
best car insurance
auto insurance
buy car insurance online
commercial vehicle insurance
online motor insurance quotes
car insurance quotation online
affordable car insurance
car insurance estimator
car insurance texas
buy insurance
online insurance
truck insurance
free online auto insurance quotes
car insurance qoute
car insr
one day car insurance
company auto insurance
indemnity insurance
business insurance
aaa auto insurance
auto car insurance
homeowners insurance
house insurance
Grid.ID - Gempa dan tsunami yang melanda beberapa daerah di Sulawesi Tengah rupanya menyita perhatian dunia lantaran banyak media internasional juga turut memberitakannya, bahkan menjadi berita utama.
Seperti The Guardian memberi judul 'Indonesia Tsunami: Dozens Killed in Sulawesi after Powerful Earthquake' (Tsunami di Indonesia: Puluhan Orang Meninggal Dunia di Sulawesi setelah Gempa Bumi Dahsyat).
Dalam laporannya, The Guardian mengutip beberapa pernyataan dari Sutopo Purwo Nugroho.
Portal berita ini juga memberitakan tentang saluran komunikasi dan juga listrik yang padam, serta kepanikan masyarakat Sulawesi Tengah.
Tidak hanya media itu, media internasional lainnya juga memberitakan hal yang sama namun dengan judul yang berbeda.
Seperti yang ditulis oleh BBC memberi judul laporannya 'Indonesia Earthquake: Dozens Dead in Palu' (Gempa di Indonesia: Puluhan Orang Meninggal di Palu).
Portal berita Singapura Chanel News Asia juga turut memberitakan gempa dan tsunami Sulawesi Tengah ini dengan memberi judul Scores Killed in Indonesia Quake-Tsunami' (Puluhan Orang Meninggal di Gempa Bumi dan Tsunami di Indonesia).
Sama halnya di Amerika juga hingga kini masih ada beberapa media yang memberitakan bagaimana gempa dan tsunami Sulawesi Tengah terjadi.
Dilansir dari New York Times, peneliti Amerika bingung melihat kedasyatan tsunami yang ada di Sulawesi Tengah hingga menghancurkan Kota Palu.
Menurut mereka gempa dengan kekuatan magnitudo 7,7 kemungkinan kecil membuat ombak sebesar itu hingga merusak.
"Kami (peneliti) mengira ini (gempa) bisa menyebabkan tsunami namun tidak sebesar itu," kata Jason Patton seorang ahli geofisika yang menjadi pengajar di Humboldt State University di Kalifornia.
Patton menambahkan,"Ketika peristiwa ini terjadi kami (peneliti) lebih akan menemukan sesuatu hal-hal yang belum kami (peneliti) amati sebelumnya."
Menurut para peneliti gempa dan tsunami Sulawesi Tengah merupakan akibat dari fenomena strike-slip, yaitu bergesernya lempeng bumi secara horizontal dan fenomena ini seharusnya tidak mengakibatkan tsunami sebasar itu.
Kemungkinan lain yaitu tsunami tercipta secara tidak langsung yang juga disebabkan faktor lain.
Guncangan keras saat gempa Donggala kemarin mungkin telah menyebabkan longsor bawah laut yang mampu menciptakan gelombang tinggi.
Kejadian tsunami besar seperti itu tidak biasa, namun pernah terjadi pada gempa dengan kekuatan 9,64 SR di Alaska pada tahun 1964.
Patton melanjutkan bahwa penyebab tsunami besar di Palu terjadi karena beberapa faktor dan studi tentang dasar laut akan sangat penting untuk memahami peristiwa seperti gempa dan tsunami Sulawesi Tengah.
"Kami tidak akan tahu apa yang menyebabkannya terjadi, sampai itu (penelitian tentang dasar laut) selesai," jelas Patton.
Kemungkinan adanya lonsor di bawah laut ternyata juga menjadi perkiraan para ahli tsunami di Indonesia.
Beberapa ahli tsunami di Indonesia seperti ahli tsunami Institut Teknologi Bandung (ITB), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang dikutip oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan penjelasan perkiraan terjadinya tsunami di Palu.
Diperkirakan penyebabnya adalah longsoran sedimen dasar laut di kedalaman 200-300 meter di bawah permukaan laut.
Sedimen-sedimen itu berasal dari sungai-sungai kemudian bermuara di Teluk Palu dan belum terbentuk kuat sehingga saat gempa terjadi mengakibatkan lonsor di dasar laut dan menimbulkan tsunami di Sulawesi Tengah. (*)
Artikel ini telah tayang di Nakita dengan judul Peneliti Dunia Kaget dengan Kekuatan Tsunami di Sulawesi Tengah, Kok Bisa Menghancurkan Kota Palu?


Auto insurance quotes are broadly speaking free, so based on the first auto insurance quote you get don’t just excerpt an auto insurance policy. On your auto insurance, the best potential for saving money on your auto insurance is to get three insurance quotes


Accorded, acquiring multiple insurance quotes will be time consuming, but it could save on your auto insurance if you equate your periodical rate at work. Acquiring several auto insurance quotes proves to be time-consuming and worth. Many of us don’t know about the insurance quotes that are best suited to us and also the way to acquire them.

As we all cognize that the quicker and the firmest ways to get as many auto insurance quotes as potential in the brusquest period of time is on the internet .You might have to dragnet through insurance quote sites which may or may not be user unfriendly. There are respective fiddling gems out there where you can get multiple auto insurance quotes in one click where they also provide consumers with discounts in addition to the online quotes while getting their insurance quotes online.

An adequate auto insurance broker well deserves their weight in gold. Employing a broker to get your insurance quotes bequeath mean that you have to eke out one form and then the auto insurance broker will setline through burdens of insurance quotes till they ascertain the best potential insurance package. As there are more and more insurance brokers, what’s genuinely corking up is that you don’t have to leave your home or workplace as the brokers offer their services on line

Barely you got the best potential auto insurance quote, don’t wait till you commute cars annually that enhanced offer could be obtainable. It also doesn’t mean that you can’t baffle your auto insurance quote when the renewal acknowledgement comes through your doorway. As we all know that internet is the best provider of data enclosed in it, take out some time and spend a little time comparing all the auto insurance quotes which is very elementary. There are galore auto insurance suppliers fighting for your business and you can economize yourself bundles of cash. The lowest auto insurance quote isn’t invariably the best to applyFind Article, which is my concluding suggestion to you. Low cost auto insurance is beneficial but it is also important that you look for an esteemed insurance provider.


cccccccc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar